LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik)
Mata Pelajaran: Ekonomi
Materi: Fungsi Uang dalam Perekonomian
Kelas: X1
Topik: Uang sebagai Alat Tukar, Satuan Hitung, Alat Pembayaran, Penyimpan Kekayaan, dan Pemindah Kekayaan
________________________________________
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:
1. Mengidentifikasi dan menjelaskan lima fungsi uang dalam kehidupan sehari-hari.
2. Menganalisis peran uang dalam berbagai situasi ekonomi melalui ilustrasi kasus.
3. Memberikan contoh nyata fungsi uang di lingkungan sekitar.
________________________________________
ð¡ Ilustrasi Kasus
Perhatikan ilustrasi berikut!
Ilustrasi 1:
Siti membeli sepatu di toko dengan harga Rp350.000 dan membayarnya dengan uang tunai.
Ilustrasi 2:
Budi mencatat harga barang-barang di warungnya:
• Gula 1 kg = Rp18.000
• Kopi 1 bungkus = Rp12.000
• Minyak goreng 1 liter = Rp20.000
Ilustrasi 3:
Ayah membayar tagihan listrik dan air menggunakan aplikasi mobile banking.
Ilustrasi 4:
Ibu menabung sebagian penghasilannya di bank agar bisa digunakan untuk biaya sekolah anaknya tahun depan.
Ilustrasi 5:
Pak Dedi menjual tanahnya kepada Andi seharga Rp200 juta, lalu uang hasil penjualan itu digunakan untuk membeli rumah baru di kota.
________________________________________
ð Tugas Peserta Didik
A. Identifikasi Fungsi Uang
Cocokkan ilustrasi di atas dengan fungsi uang yang tepat!
|
No. |
Ilustrasi |
Fungsi
Uang |
Alasan/penjelasan
singkat |
|
1 |
... |
... |
... |
|
2 |
... |
... |
... |
|
3 |
... |
... |
... |
|
4 |
... |
... |
... |
|
5 |
... |
... |
... |
B. Analisis dan Refleksi Singkat
1. Mengapa uang lebih efisien dibanding sistem barter dalam kegiatan ekonomi?
2. Bagaimana uang dapat mempermudah masyarakat dalam menyimpan kekayaan?
3. Berikan satu contoh nyata dari kehidupanmu yang menunjukkan fungsi uang sebagai alat pembayaran dan alat penyimpan kekayaan!



0 Komentar